Berkubang di tengah malam

Aneh tetapi nyata, sudah tahu tidak baik, tetapi tetap saja dilakukan. Biasanya orang pada malam hari dan dini hari itu adalah sudah tidur denganĀ  nyenyak atau melakukan hal-hal yang tidak ada kaitannya dengan air.

Nah, perjalanan yang aneh yang sebelumnya saya tidak tahu seperti apa tempatnya dan informasinya cuma tempat pemandian air panas, cocok untuk berendam. Nah, waktu berendamnya ini yang membuat saya bingung, soalnya pada saat itu sudah menunjukkan jam 02.00 pagi, masih dini hari bukan. Tetapi diluar dugaan dan kaget juga melihat tempat tersebut, pada jam segitu banyak orang yang berendam.

Tempat tersebut adalah Hot Spring di Seawater atau Ciater lah mungkin namanya. Kalau dari Bandung butuh waktu kira-kira sejam lagi, dan pada saat itu malam hari jadi kendaraan jarang lewat. Harus hati-hati melihat jalan masuknya, soalnya kami terlewat dari pintu masuk, nyasar sejauh 6 km dari TKP.

Kembali membahas keanehan ini, tetapi harus diakui itu pengalaman pertama saya kesana dan berendam dan buka baju layaknya di kolam renang pada pagi hari jam 02.00, berkubang dengan santai di air panas sambil menikmati pemandangan sekitar dengan ratusan manusia siapa tahu ada pemandangan menarik.

Yang paling aneh lagi saya rasa, ketika saat masuk ke kolam air panas, jangan sok jago dan langsung nyebur. Biasa kita sendiri nanti yang sakit sendiri. Panas, jadi harus pelan-pelan dan biarkan tubuh kita beradaptasi dengan keadaan sekitar. Airnya panas kali coy… apalagi bagi yang belum pernah dan suasananya dingin di pagi hari, rasa panas itu langsung menyengat.

Hal aneh dari teraneh yang saya lihat ditempat itu adalah banyak orang yang sudah lanjut usia datang ikut berendam pada jam segitu. Yang paling pamungkas adalah ada orang tua yang bawa balita, mungkin umur satu ke dua tahun dan diajak berendam. Waow… awak aja masih merasa airnya terlalu panas dan berpikiran pada jam segitu balita harusnya masih istirahat dan tidur.

Sejam berkubang dan mungkin rasanya sudah cukup. Saya tidak tahu itu air apa, apakah air belerang atau tidak karena uapnya belerangnya tidak ada. Tetapi oklah dengan tempatnya dan air panasnya meskipun uang masuknya lumayan menguras kantong.

Hanggar Pancoran menunggu futsal perut buncit, 1 Juni 2013