Flashback 2012

Tidak terasa tahun 2012 tinggal menghitung jam dan tahun 2013 akan tiba dalam hitungan jam juga. Berlalu dan datangnya kedua tahun tersebut sejalan dengan beriringnya waktu yang menaungi keduanya. Begitu juga dengan kita sebagai orang-orang yang ada didalam tahun-tahun tersebut, kita harus merelakan lewatnya tahun 2012 dan bersedia menerima kedatangan tahun 2013.

Banyak hal yang kita lewati tentunya dalam satu tahun 2012, baik suka maupun duka. Ketika tahun 2012 dimulai, tentu kita juga memiliki banyak resolusi yang akan kita capai dalam satu tahunnya sampai tahun 2012 berakhir. Resolusi-resolusi tersebut tentunya ada yang tercapai semuanya, sebagian dan mungkin tidak sama sekali.

Awal tahun adalah tahun untuk membuat resolusi dan akhir tahun adalah sebagai flashback atas apa yang sudah kita lewati dan capai. Sangat menyenangkan tentunya jika kita memflashback hari-hari yang sudah kita lewati, apalagi semua yang kita lewati tersebut terdokumentasi dengan baik. Terdokumentasi tersebut tidak harus seperti buku, banyak cara atau hal yang tentunya dilakukan banyak orang untuk mengingat perjalanan yang telah dilakukan setiap harinya. Jika kamu memiliki handphone dan handphone tersebut memiliki kamera, ini merupakan dokumentasi terbaik menurut pemikiran saya. Tanpa kita sadari, dengan kamera tersebut jika kita memang benar-benar menggunakan fungsionalitasnya, setiap momen yang ada bisa kita lihat kembali dengan urutan waktu yang hampir sama dengan kejadian yang ada. Kita membidik sesuatu tentu karena sesuatu tersebut merupakan momen penting atau merupakan sesuatu yang khusus yang memang harus untuk diingat.

Coba luangkan waktumu, buka isi kamera handphonemu atau kamera apalah, cobalah ambil waktu senggang malam ini atau hari sebelum tahun 2012 lewat. Sangat menyenangkan tentunya melihat-lihat kejadian tersebut. Pasti kamu akan terbawa suasana pada saat dimana kejadian tersebut berada dan terjadi. Kamu akan tersenyum melihat diri sendiri, itulah aku ternyata dalam satu tahun ini.

Jika kamu seorang yang rajin menulis, catatan harian dan guratan-guratan kertas yang bisa dilakukan dimana saja merupakan salah satu cara terbaik mengingat banyak hal yang sifatnya merupakan tulisan yang ingin diingat. Kita biasanya menulis sesuatu jika kita ingin mengingat, itu bisa merupakan perkataan seseorang, nasehat dari orang lain, akibat melihat sesuatu kejadian dan banyak hal. Tetapi biasanya tulisan tidak seperti dokumentasi dengan kamera yang saya sebutkan sebelumnya. Tulisan bisa saja kita buat ketika suatu kejadian itu berlalu dan kita memiliki waktu luang dan keinginan menulis, maka kita menuliskannya. Yang pasti sadarilah, masa lalu itu a nice to remember meskipun itu manis atau pahit karena kita sendirilah yang membuat sejarah kita sendiri bersama-sama dengan orang disekitar kita.

Nah kita kembali tahun 2013, akan banyak resolusi tentunya yang akan kita capai, baik secara pribadi ataupun komunitas. Resolusi itu tentunya merupakan harapan-harapan yang menjadi impian anda dalam waktu terdekat ini yang akan kita lakukan satu tahun kedepannya. Apakah anda sudah punya resolusi untuk tahun 2013? Saya sudah, dan mudah-mudahan itu semua bisa saya tuntaskan satu tahun ke depan.

Ini merupakan sebuah catatan yang saya buat dari meja kantor yang tiba-tiba ingin menulis yang waktunya sudah mendekati tengah hari dan akan pulang yang harus masuk setengah hari di penghujung tahun 2012 agar cuti tidak terpotong.

31 December 2012 11.55 AM