Membuat paspor (passport)

Setelah sekian tahun dalam perencanaan untuk paspor, akhirnya tahun dan bulan ini harus secara sadar diri mau tidak mau harus mengurusnya. Tidak mau lagi gagal bepergian ke luar negeri setelah sebelum-belumnya sudah direncanakan dengan matang-matang, tetapi gagal hanya karena satu persyaratan mutlak yaitu paspor. Ditinggal deh sendirian dan hanya bisa lihat kawan-kawan berfoto ria lewat sosial media.

Yeah….apa itu paspor dan mengapa perlu? Paspor adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang dari suatu negara yang memuat identitas pemegangnya dan berlaku untuk melakukan perjalanan antar negara (wikipedia). Begitulah sekilas info.

Mengenai pembuatan paspor, itulah titik masalah awalnya mengapa tidak jadi-jadi buat paspor dulunya. Setidaknya ada beberapa dokumen persyaratan asli yang harus kita penuhi, yaitu ktp, kartu keluarga dan ijazah atau akte lahir. Selain persyaratan, baca berita dan dengar-dengar kabar dari orang-orang bahwa mengurus paspor itu lumayan ribet apalagi untuk yang sudah bekerja. Harus siap luar batin untuk mengatur waktu dan minta izin dari kantor, setidaknya tiga kali bolak-balik ke kantor imigrasi terdekat.

Langsung saja ke bagaimana proses paspor ini selesai sampai ditangan. Tanpa basa-basi dan ada desakan kawan-kawan untuk segera membuat paspor, lihat dan baca-baca artikel di Internet pengalaman orang-orang saat mengurus paspor, akhirnya mengurus paspor dengan online adalah yang terbaik. Mengapa? Karena tidak perlu lagi repot-repot dan menghemat waktu. Cukup sekali datang ke kantor imigrasi untuk foto dan wawancara, tiga hari kemudian paspor sudah bisa diambil.

Kantor imigrasi Jakarta Selatan adalah kanim pilihan terbaik jika mau mengurus paspor, baik yang baru atau perpanjangan. Pelayananannya sangat nyaman dan cepat, serta akses kesana mudah karena dekat dengan halte busway. Datanglah lebih pagi kesana untuk mendapatkan nomor antrian yang lebih kecil dan biar lebih cepat selesainya. Pertama kali datang kesana, terkejut juga batin ini melihat antrian panjang orang-orang yang mau melakukan hal sama seperti saya, padahal itu hari masih sangat pagi, tengah delapan saya tiba di kanim.

Untuk yang mengurus online dan yang tidak antriannya dibedakan. Kita harus dengan sabar antri mengular sebelum jam kantor imigrasi dibuka jam delapan. Mengapa perlu antri, untuk mendapatkan nomor antrian. Singkat saja, saya tiba tengah delapan dengan antrian masuk pada barisan yang online dan mendapat nomor antrian 19. Menunggu sekitar satu setengah jam lebih akhirnya giliran tiba, foto, pengambilan sidik jari, wawancara dan selesai kurang lebih 10 menit. Tiga hari kemudian disuruh datang lagi untuk mengambil paspor yaitu antara jam 13-14.00 WIB. 

Secara ringkas mengurus paspor online di kanim jaksel adalah:
1. Daftar online dengan megisi form dan upload scan dokumen asli, setidaknya ktp, kartu keluarga dan ijazah atau akte lahir.
2. Membayar tagihan yang dikirimkan lewat email setelah selesai registrasi online di kantor bank bni terdekat secara langsung.
3. Konfirmasi lagi lewat sistem dengan mengklik link yang ada di email sebelumnya untuk mengecek tanggal kedatangan ke kantor kanim yang dituju. Disana akan diminta nomor jurnal bank sebagai bukti sudah membayar tagihan yang diberikan.
4. Print semua dokumen yang di email setelah konfirmasi dan jangan lupa juga bukti pembayaran dari bank. Sebagai jaga-jaga, foto kopi semua dokumen yang dibutuhkan di kertas A4, biasanya diminta saat wawancara.
5. Datang ke kantor kanim sesuai jadwal yang sudah kita pilih sebelumnya. Kalau bisa datang sepagi mungkin untuk mendapatkan barisan antrian terdepan dengan membawa dokumen-dokumen persyaratan asli. Di kanim Jakarta Selatan tidak bisa diwakilkan meskipun sudah pakai surat kuasa dan harus bawa dokumen asli, kalau tidak anda akan dipulangkan dan sia-sia kedatangannya.
6. Mendapatkan nomor antrian setelah loket dibuka jam 8, dokumrn asli diperiksa disini untuk mendapatkan nomor antrian.
7. Menunggu sekian lama sesuai nomor antrian, hitunglah perkiraan seberapa lama anda menunggu, setiap nomor setidaknya butuh waktu sepuluh menit.
8. Foto, pengambilan sidik jari, wawancara, biasanya yang ditanyakan informasi pribadi dan mengapa atau mau ngapain ke luar negeri. Jawab saja mau liburan biar tidak banyak pertanyaan lagi. Foto kopian semua dokumen persyaratan akan diminta disini.
9. Sepuluh menit berselang, anda lolos dan akan menerima kertas bukti pengambilan paspor di tiga hari berikutnya di jam 13.00-16.00 wib.
10. Tiga hari berikutnya datang ke kanim, ambil nomor antrian dan menunggu beberapa saat. Tidak selama waktu sebelumnya.
11. Nomor dipanggil, disuruh mengecek nama, tanggal lahir dan alamat. Kalau sudah ok, disuruh memfotokopi sebentar ditempat fokopian yang sudah ada. Kasih fotokopian, beres deh paspor ditangan dan siap dipergunakan.
12. Good luck!!!

image

trip from merak to bakauheni