Pro Evolution Soccer (PES) 2013 has stopped working

Jika kamu penyuka bola, permainan bola seperti Pro Evolution Soccer (PES) buatan KONAMI ini tidak asing lagi saya rasa untuk anda. Hampir setiap tahunnya versi dari PES ini dikeluarkan sesuai dengan perkembangannya. Versi terakhir dari PES adalah PES 2013 yang direlease pada September 2012. Karena saking banyaknya penyuka, banyak orang yang menyediakan updatean dan patch PES tersebut diluar yang disediakan oleh KONAMI sesuai dengan musim dan transfer dunia sepak bola pada dunia nyata. Tidak salahnya main game karena dengan main game bisa mengasah otak dan kreatifitas. Main game tentu ada kebaikan dan kekurangannya, semua tergantung orang yang memainkannya pada masa dan waktu yang tepat tentunya. Intinya bisa mengatur waktu kapan untuk main game dengan kegiatan lainnya.

Berbicara mengenai penggunaan, main game tentu membutuhkan resource, seperti laptop dan aplikasi game PES itu sendiri beserta embel-embelnya. Ok semuanya terpenuhi dan kita sudah berhasil menginstallnya di laptop atau PC kita. Namun, kadang semuanya tidak bisa berjalan lancar. Sudah sangat niat untuk main game, tetapi game tersebut tidak mendukung. Salah satunya adalah munculnya error “Pro Evolution Soccer (PES) 2013 has stopped working” pada saat menu game plan. Asumsi saya awalnya adalah karena patch yang diinstall tidak benar atau korup atau bermasalah dengan sistem operasinya, namun itu bukan penyebabnya.

Setelah mencari-cari solusinya beberapa saat dengan bantuan om Google dan menemukan beberapa artikel dengan permasalahan yang hampir sama, akhirnya permasalahan tersebut bisa diselesaikan dengan cara sederhana saja. Cukup dengan melalukan settingan pada sebuah tempat, yaitu config.exe yang merupakan configurasi untuk Kitserver dari PES  pada path “C:\Program Files (x86)\KONAMI\Pro Evolution Soccer 2013\kitserver” di windows. Dalam hal ini saya memakai sistem operasi Windows 7.

  1. Open config.exe dengan run as administrator
  2. Pada tab Misc settings dan LOD configuration, Kitserver 13 Configuration centang semua checkbox seperti pada gambar di bawah.

     

  3. Save dan selesai.
  4. Coba jalankan gamenya, dan lakukan game plan, masalah sebelumnya pasti tidak ada lagi.
  5. Happy gaming.

Referensi: