Suara Kipas MacBook Air Berdengung dan Kencang

Malam ini mencoba memulai sesuatu pekerjaan setelah meninggalkan yang namanya dunia maya beberapa saat. Berhubungan dengan dunia maya dengan bebas dan nyaman tentunya harus punya tools, yaitu Laptop. Kebetulan Laptop ini adalah laptop pinjaman dari kantor yaitu MacBook Air. Berharap semuanya baik-baik saja dan lancar, ternyata tidak. Ada sesuatu masalah yang agak sensitif untuk didengar dan menjadikan rasanya tidak nyaman untuk memainkan barang ini, sang laptop. Suara kipas laptop berdengung kencang dan berisik. Hmm… ada apa ini gerangan, perasaan baik-baik saja semalam.

Mencoba melihat dan mengamati apa yang masalah, bunyi kipas berisik, kemudian indikator baterai atau power tidak muncul di sudut kanan atas, colok charger tetapi indikator listriknya tidak menyala, sepertinya ini masalah yang sama dahulunya pernah juga saya dapatkan ketika awal-awal laptop ini dititipkan alias dipinjamkan. Namun pada saat itu, saya masih sangat Nubi, sampai-sampai saya harus bawa ini ke salah satu Apple Center Indonesia di Menteng, Jakarta. Ternyata disana hanya sebentar saja diproses dan tidak sampai berhari-hari seperti yang saya bayangkan. Hanya beberapa hal saja yang diutak-atik mereka, hanya menekan beberapa tombol dan sudah mereka nyalakan kembali dan barangnya kembali normal. Tetapi saat itu saya tidak terlalu memperhatikan tombol-tombol apa yang ditekan-tekan, pikir awak ya sudahlah yang penting beres dan kembali normal. Tidak perlu lagi backup-backup data segala dan membuang waktu untuk bolak-balik lagi.

Atas pengalaman dan permasalahan yang sama tersebutlah mungkin, malam ini mencoba mencari-cari solusi untuk kipas laptop yang berisik ini. Dengan bantuan Google, mencari dan membaca artikel-artikel yang ada, sepertinya ada ditemukan artikel yang sepertinya masuk akal dan layak untuk dicoba karena langsung ke inti permasalahan, yaitu artikel berjudul “Cara Memperbaiki Kipas Laptop MacBook Bising” dari notebook-netbook.com. Dan solusinya kurang lebih adalah sebagai berikut:

  1. Matikan alias shutdown MacBook Air yang bermasalah
  2. Pasang alias colokin charger MacBook yang bermasalah
  3. Tekan dan tahan tombol shift+control+option dan power button bersamaan selama kurang lebih 10 detik
  4. Lepas secara bersamaan
  5. Tekan tombol power untuk menyalakan kembali MacBook Air

Kurang lebih begitulah langkah-langkahnya dan hasilnya mujarab. Suara bising hilang dan indikator charger MacBook Air sudah menyalan. Namun jika solusi ini tidak berhasil, pastikan lagi langkah-langkahnya sudah dilakukan dengan baik dan jika masih belum, silahkan membawa ke Apple Center terdekat untuk memastikan masalah yang ada. Solusi ini mungkin hanya solusi awal saja.

Regads,

21072017