Sulit untuk hal baru

Jika tinggal beberapa lama disuatu tempat dan bilanglah sudah lebih satu tahun, akan sangat susah untuk berpindah ke tempat yang baru. Itulah yang banyak orang selalu tanyakan kepada saya, mengapa tidak pindah dan kostan aja, kan jauh kali? Setiap orang orang yang bertanya pasti akan saya jawab dengan jawaban yang berbeda-beda dan hampir tidak sama. Kadang jawabannya dulu memang karena faktor kuliah jadi mudah menjawabnya, dan setelah itu, ini pertanyaan yang rada bingung juga menjawabnya. Mungkin karena terlalu membandingkan tinggal di Ibukota dulu (lingkungan) karena sudah pernah tinggal disana dan faktor yang kedua mungkin adalah harga. Faktor sudah nyaman dan malas mungkin itulah faktor dominan.

Memang setiap harinya harus menghabiskan waktu dijalanan selama kurang lebih dua jam. I spent my life everyday on my way for two hours. Tetapi apa yang saya dapatkan dalam hal ini? Banyak hal yang tidak bisa setiap orang dapatkan. Bisa melihat dan merasakan langsung bagaimana dinamika kehidupan ini dan prosesnya yang mungkin beberapa orang tidak pernah merasakannya. Semua sama rata sama rasa. :D Tetapi itu adalah pilihan hidup.

Dalam hal kerjaan juga, meskipun hal ini adalah yang terpenting dan yang terutama karena ini adalah sumber pendapatan utama kita. Jika sudah lama disana dan ada dalam zona-zona dimana disebut zona nyaman meskipun itu bukanlah yang disebut dengan pengertiannya karena semakin besar tanggung jawab yang diemban, lumayan sulit untuk berpindah tempat. Butuh pemikiran yang tepat dan matang, karena dalam pemikiran kita nantinya bagaimana dan seperti apa nantinya di tempat yang baru. Meskipun persentase untuk diterima di tempat baru semakin besar dan kadang itulah yang membuat kita sendiri susah untuk memutuskannya. Hanya keberanian yang bisa untuk memutuskan dan mematahkan halangan itu atau mungkin saja suatu paksaan dari hal-hal tertentu.

Tetapi itulah hidup, semua ada pilihannya dan setiap orang memiliki alasannya tersendiri. Kita bertanya, jawabannya belum tentu yang sebenarnya yang ada dipikirannya. Misteri hidup, di dunia ini tidak ada yang abadi dan perubahan itu pasti datang cepat atau lambat.

*hanyasedangmemikirkanitu(galau?)0707132233