The second graduation, Gaudeamus igitur

Link... on the 8th day of February, 2013

Saya butuh waktu 2.5 tahun untuk mendapatkan gelar sarjana komputer, SKom. Jika dihitung-hitung dan dikalkulasi dengan lama mendapatkan diploma dulu, Amd (ahli mendownload istilahnya), sudah selayaknya disebut dengan sarja abadi. Total 6.5 tahun lamanya, pencapaian fantastis. Anggap ajalah cuti 2.5 tahun agar bisa disamakan dengan waktu normal.

Suatu kebanggaan tersendiri memang jika bisa meraih sesuat hal dimana orang tua kita bisa hadir dan memberikan kebanggaan kepada mereka. Namun dibalik itu semua, kebanggaan dan tingkatan yang dicapai akan mendapat beban tersendiri yang semakin besar. Ibaratnya main game, semakin naik level, semakin rumit dan banyak tantangannya. Begitu juga dengan gelar yang diraih, berarti harus menyesuaikan dengan hal tersebut, harus naik tingkat ke level ke hal yang lebih rumit. Yah, memang seperti itu permainan yang terjadi, kalau tidak, maka akan tetap akan dibawah level atau levelnya disitu-situ saja.

Tidak banyak kata atau hal yang mau saya utarakan, apa yang memang menjadi jerih payah pasti akan ada hasilnya jika kita melakukannya dengan serius. Buat teman-teman yang merayakan kelulusannya besok, UI, 9 February 2013, selamat dan sukses. I am proud to be part of this game.

Mari kita nyanyikan dan dengarkan lagu kebangsaan wisudawan untuk kedua kalinya, Gaudeamus igitur.

Gaudeamus igitur
Iuvenes dum sumus.
Post iucundam iuventutem
Post molestam senectutem
Nos habebit humus.

Let us rejoice, therefore,
While we are young.
After a pleasant youth
After a troubling old age
The earth will have us.