Windows Azure, a cloud application platform

Link... on the 15th day of March, 2013

Untuk saat ini istilah cloud computing tidak asing lagi yang merupakan sebuah teknologi baru saat ini dan proses bisnis dari perusahaan akan mengarah kesana. Dengan cloud computing, perusahaan tidak lagi direpotkan dengan infrastruktur aplikasi khususnya server secara fisik, tinggal menggunakan yang sudah ada dan yang disediakan pada cloud.

Banyak perusahaan yang mulai menyediakan jasa cloud computing ini dan begitu juga pemakainya. Di Indonesia sendiri hal ini masih dalam tahap pengenalan dalam satu tahun ini sejak teknologi cloud diperkenalkan sejak tahun lalu. Sebenarnya contoh penerapan dari cloud computing ini dalam skala kecil sudah bisa kita rasakan jika kita pengguna layanan mail Google, yaitu google drive yang diintegrasikan dengan office yang disediakan oleh Google. Kita bisa melakukan hal-hal seperti yang ada di aplikasi Microsoft Office yang secara local melalui browser. Setiap hal yang kita lakukan akan disimpan di drive cloud account kita, sehingga kita bisa mengaksesnya darimana dan kapan saja dan tidak perlu memikirkan kehilangan file.

Kamis kemarin, 14 Maret 2013, Microsoft Indonesia secara resmi mengenalkan Windows Azure di Indonesia yang merupakan aplikasi untuk cloud computing yang dikembangkan oleh Microsoft. Secara sekilas, Windows Azure merupakan platform aplikasi untuk memudahkan kita yang sebelumnya bekerja menggunakan environment server di local dan nantinya memindahkan semuanya di environment yang disediakan oleh penyedia jasa cloud computing. Menurut penuturan dari Microsoft melalui pembicara, semua bisnis akan berubah ke depannya yaitu secara cloud, sehingga Microsoft tidak hanya membuat aplikasi lagi tetapi juga akan menyediakan jasa dalam hal cloud computing. Secara ringkas, dengan Windows Azure kita bisa melakukan cloud secara aplikasi dan sistem operasi.

Karena masih dalam tahap pengenalan Windows Azure di Indonesia, Microsoft Indonesia menyediakan banyak tutorial dan bahan pembelajaran yang bisa diakses dan didownload di situsnya. Untuk penyimpanan secara cloud, Microsoft menyediakannya di SkyDrive. Untuk lebih mendalami Windows Azure, bisa mengakses webnya di windowsazure.com dan bisa mendownload Windows Azure Training Kit – December 2012 yang lengkap di sini atau membaca secara online training kit di github.com.

Menurut saya, tantangan penggunaan cloud computing di Indonesia untuk saat ini adalah penggunaan bandwidth yang besar dimana bandwith di Indonesia masih cukup lambat,  integrity, security serta availability data.

Windows Azure is Microsoft’s cloud application platform. Windows Azure can be used to build a web application that runs and stores its data in Microsoft datacenters. It can connect on-premises applications with each other or map between different sets of identity information (wikipedia).